Korean Drama

Reply 1997 VS Reply 1988

10:00 AM

Assalamualaikum.



Hola everyone!

Minggu pagi kayak gini enakan ngerem dibawah selimut, bangunnya pas zuhur, iya gak gaes? Tapi, alhamdulillah gue belom pernah kayak gitu. Mama gue selalu bangunin gue pagi-pagi buat sholat subuh dulu. Wkwkwk

Sebenernya hari minggu lebih enak ngerem di kamar sambil nonton drama korea, ditemenin cemilan. Huh, udahlah gak bakal keluar kamar-__-. Ngomongin soal drama korea, pagi ini gue akan bahas 2 dari 3 drama series yang tayang di salah satu tv kabel, yaitu tvn. Ada yang tau? Kalo lo kalian liat judul pasti tau lhaaa...

Yap! Reply or Answer Me Series atau 응답하라 (dibaca:Eungdabhara)

Ada 3 series yang tayang, yaitu 1997, 1994, dan 1988. Gue udah nonton semua, kecuali yang 1994. Kenapa? Castnya gue gademen._. maapkeun ;v

Cast
Cast adalah salah satu alasan gue nonton drama korea. 1997 itu tayang pas tahun 2012, saat itu gue masih kpoper abal-abal (emang sekarang udah gak abal-abal?) dan gak tau menau soal kdrama. Itu saat gue kelas 7. Naik kelas 8, gue ketemu anak-anak kpoper. Tapi disitu gue malah mundur jadi kpoper malah menjadi idol grup yang mambernya meluber kemana-mana-_- (tawa dulu dong). Temen-temen gue semua ngebahas soal kpop, ya pasti gue ngerti dikit-dikit lah. Dan ada satu anak yang otaknya isinya bokep semua, cerita mulu soal Reply 1997, yang gue tau cast nya adalah Jung Eunji dan dia bias gue. Disitu gue mulai ketawa, kok lucu ya, kenapa gak coba nonton? Disitu gue memantapkan diri buat beli kaset. Lalu nonton. Mulai dari situ, gue sering ngoleksi banyak kdrama. Di 1988 yang buat gue nonton karna adanya di TAEK! MI TAKE-TAEK KESAYANGANKU!



bogummy bikin gakuku



Cinta
Ngomongin cinta mah gaada abisnya. Kalo diterusin udah jadi 5 novel kali ah. Cinta di 1997 itu lebih jelas dari 1988. Di 1997 Yoon Jae nya emang udah suka dari kecil masa Shi Won dan akhirnya mereka jadian, nikah, dan punya anak. Semacam first love lah (emang gitu kan-_-). Sedangkan di 1988 itu ribet banget, si Duk Sun awalnya suka sama Soon Woo tapi ternyata Soon Woo nya malah suka sama kakaknya Dok Sun, Bora. Lalu Jung Hwan mulai suka sama Duk Sun pas acara lari dari kejaran satpam, dan mereka terjebak di gang sempit selama beberapa waktu, dan itu mungkin yang buat Jung Hwan mulai suka sama Dok Sun. Eits, gasampe di Jung Hwan. Choi Taek, seorang pemain baduk (jaman sekarang mungkin catur kali ya) profesional diusia mudanya, yang sudah banyak mengalahkan para senior-seniornya ternyata suka juga sama Duk Son. Si doi udah suka sama Dok Sun dari kecil, gaes. Ya dulu si Duk Sun selalu ngebantuiin Taek pas lagi jatuh dari sepeda, atau bahkan malah ngebully si Taek sendiri-_-



Latar Tempat
1997 berlatarkan di kota Busan. Lucu aja gitu, aksen bahasa busan kan beda sama Seoul, kayak orang batak sih kalo di Indonesia menurut gue. Tapi, si Joon Jae nya agak kurang mendalami aksennya gak kayak Shi Won yang bener-bener mirip orang Busan(sok tau banget gue). Nah, kalau 1988 latarnya di Seoul nih gaes. Jadi resep aja gitu dengernya, hehe.

Parent
Gue sempet ngakak pas pertama kali nonton 1988. Soalnya orang tua Shi Won sama Duk Sun itu SAMA! Yap, kalian gasalah liat. SAMA! Kenapa bisa sama ya? Ada yang bisa kasih tau gue? Diperanin sama artis senior Lee Il Hwa dan Sung Dong Il.

Plot
1988 itu ratingnya tinggi banget. Padahal tayangnya di tv kabel. Setelah cari kesana-kemari ternyata, yang membuat ratingnya tinnggi adalah plotnya itu susah ditebak (baca disini). Bener banget. Alurnya itu gak pasaran, dan bikin penasaran. Ya kalian baca lagi diatas soal kisah ‘cinta’nya. Di 1988 lebih banyak scene ke orang tua dari pemain intinya-_- sebel. Gue kira kayak 1997, fokus ke satu masalah. Sampe masalah kado natal buat Jin Joo ada jadi satu episode. Gimana gak ngebosenin? Tapi, 1988 kekeluargaannya lebih terasa sedapnya.



Quote




Semua konten diatas murni opini gue. So, kalo kalian gak setuju. Bodo amat :v

Wassalamualaikum.

***

Hai, Ija!

You Might Also Like

0 comments

Hai, gue Riza. Makasih udah mampir dan baca postingan gue. Jangan lupa tinggalin jejak yaa ;)

Like us on Facebook