Special Day

Happy Mother Day!

8:53 AM


Hola Everyone!

Assalamualaikum.

Pagi-pagi ketika aku bangun tidur sekitar jam 6.30 ( kkk..ketauan bangunnya siang ) dan langsung buka kulkas, terus minum dari botol, ehh keinget kalo ini hari ibu. Niatnya sih mau post di instagram foto aku sama mamaku dan nulis caption “ Happy Mother Day! “ terus dibawahnya ada kata-kata seputar tentang ibu. Kkk.. kayaknya terlalu menye’ banget yak-_-

Oke kali ini kita bahas tentang ibu.

Siapa sih ibu itu? Kenapa sih ada hari ibu? Dan kenapa juga hari ibu jatuh pada tanggal 22 Desember? Emannya di 22 Desember ada apa, sampai dijadikan sebagai Hari Ibu Nasional? Apa yang harus dilakukan di hari ibu?

Mungkin sebagian orang ada yang punya pertanyaan kayak di atas, dan aku juga kayak gitu. Karena hari ini adalah hari ibu, aku akan bahas pertanyaan di atas.

***

Siapa sih ibu itu?

Ibu adalah orang tua perempuan seorang anak, baik melalui hubungan biologis maupun sosial. Umumnya, ibu memiliki peranan yang sangat penting dalam membesarkan anak, dan panggilan ibu dapat diberikan untuk perempuan yang bukan orang tua kandung dari seseorang yang mengisi peranan ini ( wikipedia )

Kalimat diatas aku kutip dari wikipedia, menurut aku sendiri...

Ibu adalah seorang perempuan yang melahirkan, mendidik, mengasuh, dan membesarkan seorang anak. Ibu bukan hanya yang melahirkan, tetapi juga mendidik, guru misalnya. Ya, intinya mah, ibu bukan cuma yang melahirkan kita, kalo ada ibu-ibu lewat depan rumah juga dipanggil ibu kan?

Kenapa sih ada hari ibu?

Karena, ada ibu. Okesip, jawaban yang tadi ngaco. Menurut aku, ada hari nasional pasti ada kejadian penting, sampai di rayakan setiap tahunnya. Kita bahas dipertanyaan selanjutnya.

Kenapa juga hari ibu jatuh pada tanggal 22 Desember?

Pertanyaan ini pasti banyak juga yang bertanya-tanya. Sejarah singkatnya sih gini.
Hari ibu pertama kali setelah Presiden Soekarno mendeklarasikan melalui Dekrit Presiden no. 316 tahun 1959 menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah hari ibu, dan dirayakan seara nasional hingga saat ini. Seperti diketahui, pada tanggal 22-25 Desember 1928 bertempat di Yogyakarta, para pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatra pada saat itu berkumpul untuk mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I. Yang dianggap sebagai tonggak berdirinya organisasi para pejuang wanita yang pertama di Indonesia ( INDOBERITA.com )

Karena aku juga gak tau benar atau salah. Tapi, rata-rata web di google isinya kayak gitu semua. Aku tinggal kopas. Kkk

Emangnya di 22 Desember ada apa, sampai dijadikan sebagai Hari Ibu Nasional?

Diatas udah dijelasin ( sebenernya tinggal copas ), ya. Silahkan baca kembali.kkk

Apa yang harus dilakukan di hari ibu?

Ini pertanyaan yang aku tunggu dari tadi. Yang harus dilakukan? Oke, dihari ini, kalian jalanin aja tugas sebagai anak. Plus jadiin satu hari ini “ MeTime “ buat ibu kalian. Kalo bisa, kasih kado yang berkesan ke ibu kalian. Misalnya, buat puisi. Tapi puisinya buat sendiri ya, jangan nyolong dari google. Masa buat ibu aja gak mau usaha. Ya, kalo gak mau repot-repot mikir, kalian bisa kasih kado kayak ulang tahun aja. Digituin ibu kalian pasti terhura kok. Huhuhu v.v Ini  untuk yang ibunya masih hidup. Kalo ibunya udah wafat gimana? Simple kok. Kalian bisa ke makam ibu kalian. Lalu doakan. Tapi doain nya jangan hari ibu aja ya, setiap hari.

***

Kalo ngomongin ibu mah gak ada abisnya. Bisa-bisa mata gak berhenti-henti ngeluarin air. Ya, intinya mah kalian HARUS berbakti kepada kedua orang tua, terutama ibu, ya. Jangan Cuma dihari ibu. Karena Allah sendiri yang nyuruh kita berbakti

“ Dan Kami perintahkan kepada manusia ( berbuat baik ) kepada kedua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kedua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu. “ Q.S Al-Luqman:14


Sebenernya sih menurutku, hari ibu bukan hanya tanggal 22 Desember. Dan cuma dihari itu kalian berbakti sama ibu. Tapi, semua hari adalah hari ibu, jadi setiap hari kita wajib berbakti kepada kedua orang tua. Jangan cuma hari ibu aja, ya!


Happy mother day!

Wassalamualaikum.

***

chocomacha

You Might Also Like

0 comments

Hai, gue Riza. Makasih udah mampir dan baca postingan gue. Jangan lupa tinggalin jejak yaa ;)

Like us on Facebook